Penyembuh Segala Penyakit: Sholawat Thibil Qulub

Syech Wahbah Zuhayly
Setiap oarng pasti pernah merasakan sakit. Ikhtiar dan berdoa adalah suatu hal yang harus kita lakukan untuk mendapatkan kesembuhan. salah satu ikhtiar sekaligus doa adalah dengan membaca sholawat. Sholawat apakah itu?

Berikut ulasanya.


Syaikh Wahbah az-Zuhayli, seorang ulama kharismatik dan pakar tafsir abad ini, pernah ditanya, ‘Apakah membaca sholawat dapat membantu penyembuhan dengan izin Allah?’

Beliau menjawab, ‘Ya, bisa’.

Yaitu dengan membaca:
Allahumma shalli ‘ala sayyidinaa Muhammadin, thibbil quluubi wa dawaa-ihaa, wa ‘aafiyatil abdaani wa syifaa-ihaa, wa nuril abshaari wal bashaa-iri wa dhiyaa-ihaa, wa ‘alaa aalihi washahbihi wasallim..

Artinya :
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada junjungan kami Muhammad, yang dengan izin Allah, bershalawat ini, bisa menjadi penyembuh dan obat hati, penyehat dan penawar badan, penerang dan cahaya mata dan hati, dan juga sholawat dan salam kepada para keluarganya dan para sahabatnya.

Ada beberapa redaksi sholawat Thibil qulub. Namun Insya Allah semuanya mengandung keberkahan yang sama. Kami mendapatkan ijazah pertama dengan redaksi:



Sholawat Thibil Qulub

Namun kami pernah juga dalam sebuah majelis, pengasuh salah satu pondok pesantren di semarang membaca dengan redaksi:


Sholawat Syifa/Thibul Qulub


Cara Mengamalkan Versi Syech Wahbah:


Caranya adalah sebagaimana yang diajakarkan Syeikh Hasyim al-Khatib kepadaku, yaitu :

Engkau letakkan tanganmu pada pelipis kanan, lalu bacalah sholawat tersebut dengan hati khusyu’ sebanyak 10 kali. Dengan izin Allah, sholawat itu menyempurnakan penyembuhan.

Kata Syeikh Wahbah, Sholawat itu manjur. Saya sering melakukannya, dan saya tidak membutuhkan obat lain.


Banyak Yang Baca:
8 Adab Ketika Sakit
8 Tanda Hati Yang sehat
Rahasia Agar Dicintai Allah


Saya juga pake. Subhanallah. Kiranya memang berdoa dengan pintunya adalah sholawat, menjadikan doa insya Allah bi-idznillah, maqbuul. Hati-hati aja. Jangan sampai hati tergelincir, berpaling dari Kuasa dan Kebesaran Allah. Bahwa bersholawat bisa jadi jalan pengabulan doa, iya. Tapi penyembuhan asli, tetap dari Allah (KH Yusuf Mansur).

Silahkan Baca Juga:
     23 Tips Menjadi Wanita Idaman
     Kenapa Kita Disuruh Berkhitan / Sunat

Selamat bersholawat kepada nabi.


EmoticonEmoticon