Dikutip
dari buku al-Fawaaidul
Mukhtaaroh
Diceritakan
bahwa Ibnu Abiy as-Shoif al-Yamaniy berkata, “Sesungguhnya bulan Sya’ban adalah
bulan sholawat kepada Nabi saw, karena ayat Innallooha wa malaaikatahuu
yusholluuna ‘alan Nabiy … diturunkan pada bulan itu. (Ma Dza Fiy Sya’ban?)
Tuanku Kanjeng Syaikh‘Abdul
Qadir al-Jailaniy berkata, “Malam Nishfu Sya’ban adalah malam yang paling mulia
setelah Lailatul Qodr.” (Kalaam Habiib ‘Alwiy bin Syahaab)
Konon Sayidina Ali bin Abi
Tholib Karromalloohu Wajhah meluangkan waktunya untuk ibadah pada 4 malam dalam
setahun, yakni: malam pertama bulan Rojab, malam 2 hari raya, dan malam Nishfu
Sya’ban. (Manhajus Sawiy dan Tadzkiirun Nas).
Al-Imam As-Subkiy.rhm
berkata, bahwa malam Nishfu Sya’ban menghapus dosa setahun, malam Jum’at
menghapus dosa seminggu, dan Lailatul Qodr menghapus dosa seumur hidup.
Diriwayatkan kapadaku bahwa
Sahabat Nabi Usamah bin Zaid.ra berkata kepada Nabi SAW, “Ya Rasulullah, aku
belum pernah melihat engkau berpuasa di bulan lain lebih banyak dari puasamu di
bulan Sya’ban.”
Kata Nabi, “Bulan itu sering
dilupakan orang, karena diapit oleh bulan Rajab dan Ramadhan, padahal pada bulan itu, diangkat
amalan-amalan (dan dilaporkan) kepada Tuhan Rabbil Alamin. Karenanya, aku ingin agar sewaktu
amalanku dibawa naik, aku sedang berpuasa.” (HR Ahmad
dan Nasai - Sunah Abu Dawud).
Adapun keutamaan bulan
Sya’ban lainnya akan lebih jelas lagi dalam hadis-hadis berikut:
Hadis Pertama
Aisyah
RA bercerita bahwa pada suatu malam dia kehilangan Rasulullah SAW, ia keluar
mencari dan akhirnya menemukan beliau di pekuburan Baqi’, sedang menengadahkan
wajahnya ke langit. Beliau berkata,
“Sesungguhnya Allah Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam Nishfu
Sya’ban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi jumlah bulu domba Bani
Kalb.” (HR
Turmudzi, Ahmad dan Ibnu Majah)
Hadis Kedua
Diriwayatkan
oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ “Sesungguhnya
Allah pada malam Nishfu Sya’ban mengawasi seluruh mahluk-Nya dan mengampuni
semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan.” (HR Ibnu
Majah)
Hadis Ketiga
Diriwayatkan
dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam Nishfu
Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya,
karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata,
‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang
memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu
Aku menyelamatkannya, adakah yang begini (2x), demikian seterusnya hingga
terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah).
PENGERTIAN SYA'BAN
Bulan Sya’ban merupakan bulan kedua setelah bulan Rajab.
Bulan Sya’ban juga merupakan bulan yang penuh dengan keberkatan. Sebahagian
ahli hikmah menyatakan bahawa sesungguhnya bulan Rajab adalah kesempatan untuk
meminta ampun dari segala dosa, dan pada bulan Sya’ban adalah kesempatan untuk
memperbaiki diri dari segala macam cela dan pada bulan Ramadhan adalah masa
untuk menerangkan hati dan jiwa.
Sya’ban dimengertikan sebagai berpecah-pecah atau
berpuak-puak. Dikatakan masyarakat Quraisy pada waktu itu berpecah kepada
beberapa kumpulan untuk mencari sumber air di padang pasir. Dan apabila
datangnya Rasulullah S.A.W, baginda mengekalkan nama itu sehinggalah sekarang.
Rasulullah S.A.W telah menyebut tentang pelbagai kelebihan bulan Sya’ban dalam
hadis-hadisnya. Diantara hadis yang paling masyhur ialah; Rasulullah S.A.W
bertanya kepada sahabat-sahabatnya;
“Tahukah kamu sekelian mengapa dinamakan dengan bulan
Sya’ban?” Para sahabat menjawab, “Allah dan RasulNya lebih mengetahui” Sabda
Rasulullah S.A.W, “Kerana dalam bulan itu berkembanglah kebaikan yang banyak
sekali.” (Dipetik dari kitab Raudatul Ulama)
MALAM NISFU SYA'BAN
Nisfu dalam bahasa arab berarti setengah. Nisfu Sya'ban
bererti setengah bulan Sya’ban. Malam Nisfu Sya'ban adalah malam lima-belas
Sya’ban iaitu siangnya empat-belas haribulan Sya'ban. Maka, Nisfu Sya'ban
adalah peristiwa hari ke-15 dalam bulan Sya’ban tahun Hijrah. Umat Islam
mempercayai yang pada malam Nisfu Sya'ban, amalan akan dibawa naik oleh
malaikat untuk ditukar dengan lembaran amalan yang baru setelah setahun
berlalu.
Nabi Muhammad s.a.w. menggalakkan umatnya untuk bangun
malam dan berjaga serta beriktikaf sepanjang malam kerana tidak mahu amalan
diangkat dalam keadaan tidur atau lalai. Malam Nisfu Sya'ban merupakan malam
yang penuh berkat dan rahmat selepas malam Lailatul qadr. Saiyidatina Aisyah
r.a. meriwayatkan bahawa Nabi S.A.W tidak tidur pada malam itu sebagaimana yg
tersebut dalam sebuah hadis yg diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi r.a:
“Rasulullah S.A.W telah bangun pada malam (Nisfu Sya'ban) dan bersembahyang dan
sungguh lama sujudnya sehingga aku fikir beliau telah wafat. Apabila aku
melihat demikian aku mencuit ibu jari kaki Baginda S.A.W dan bergerak. Kemudian
aku kembali dan aku dengar Baginda S.A.W berkata dlm sujudnya, “Ya Allah aku
pohonkan kemaafanMu daripada apa yg akan diturunkan dan aku pohonkan
keredhaanMu daripada kemurkaanMu dan aku berlindung kpdMu daripadaMu. Aku tidak
dapat menghitung pujian terhadapMu seperti kamu memuji diriMu sendiri.” Baginda
Rasulullah sendiri telah menggalakkan kita agar beramal pada malam kemuliaan
nisfu sya'ban dengan sabdanya :
Artinya : “ Apabila tiba malam Nisfu Sya’ban , maka
hendaklah kalian bangun pada malamnya (melakukan ibadat) dan berpuasa pada
siangnya, ini kerana Allah swt (turun merahmati hamba-hambaNya) pada malam
tersebut mulai dari terbenamnya matahari ke langit dunia. Allah swt berfirman ”
Adakah dari kalangan hamba-hambaKu yang memohon keampunan, maka akan Ku
ampunkannya. Adakah dari kalangan mereka yang memohon rezeki , maka akan Ku
turunkan rezeki untuknya. Adakah dari kalangan mereka orang yang ditimpa bala,
maka akan Ku sejahterakannya. Adakah dari kalangan mereka yang begini dan
adakah dari kalangan mereka yangt begini sehinggalah terbit Fajar “.
Setelah Baginda S.A.W selesai sembahyang, Baginda berkata
kpd Saiyidatina Aisyah r.a. “Malam ini adalah malam Nisfu Sya'ban. Sesungguhnya
Allah Azzawajjala telah datang kepada hambanya pada malam Nisfu sya'ban dan
memberi keampunan kepada mereka yang beristighfar, memberi rahmat ke atas
mereka yang memberi rahmat dan melambatkan rahmat dan keampunan terhadap orang2
yang dengki.”
Hari nisfu Sya'ban adalah hari dimana buku catatan amalan
kita selama setahun diangkat ke langit dan diganti dengan buku catatan yang
baru. Catatan pertama yang akan dicatatkan dibuku yang baru akan bermula pada
masuk waktu maghrib, (15 Sya'ban bermula pada 14 hari bulan Sya’ban ketika
masuk maghrib).
Di antara amalan-amalan yang digalakkan/dianjurkan pada
bulan Sya'ban adalah :
Memperbanyakkan
puasa sunat
Sebagaimana yang telah dijelaskan terdahulu bahawa
Rasulullah S.A.W lebih gemar untuk berpuasa sunat dalam bulan Sya’ban
berbanding dengan bulan-bulan yang lain. Justru itu adalah patut bagi kita
selaku umat Baginda mencontohinya dalam memperbanyakkan puasa sunat bagi
menyemarak dan mengagungkan bulan Sya'ban ini. Begitulah tingginya pekerti Nabi
Muhammad nabi junjungan kita.
Di dalam kitab Durratun Nasihin ada menyebut sebuah hadis
yang menyatakan bahawa Rasulullah S.A.W. bersabda yang maksudnya:
"Barangsiapa berpuasa tiga hari pada permulaan Sya'ban dan tiga hari pada
pertengahan Sya’ban dan tiga hari pada akhir Sya’ban, maka Allah Taala mencatat
untuknya pahala seperti pahala tujuh puluh nabi dan seperti orang-orang yang
beribadat kepada Allah Taala selama tujuh puluh tahun dan apabila dia mati pada
tahun itu maka dia seperti orang yang mati syahid."
Memperbanyak doa, zikir dan
berselawat kepada Rasulullah S.A.W.
Kita sebagai umat Islam juga digalakkan untuk memperbanyak
doa, zikir, dan berselawat kepada Rasulullah S.A.W. Sabda Rasulullah S.A.W.:
"Barangsiapa yang mengagungkan bulan Sya’ban, bertaqwa kepada Allah, taat
kepada-Nya serta menahan diri dari perbuatan maksiat, maka Allah Taala
mengampuni semua dosanya dan menyelamatkannya di dalam tahun itu dari segala
macam bencana dan penyakit." (Dipetik dari kitab Zubdatul Wa'izhin)
Bertaubat
Kita juga digalakkan untuk melalukan taubat kepada Allah
SWT. Diriwayatkan dari Umamah Al Bahili Radiallahuanhu, dia berkata: Rasulullah
S.A.W. bersabda yang maksudnya: "Manakala masuk bulan Sya’ban, sukacitalah
dirimu dan perbaiki niatmu." Sabda Nabi s.a.w. : Apabila masuk bulan
Sya’ban, baikkanlah niatmu padanya, kerana kelebihan Sya’ban atas segala bulan
seperti kelebihanku atas kamu. Barangsiapa berpuasa sehari pada bulan Sya’ban,
diharamkan Allah tubuhnya dari api neraka. Dia akan menjadi tauladan Nabi Allah
Yusuf a.s.di dalam syurga. Diberi pahala oleh Allah seperti pahala Nabi Allah
Ayub a.s. dan Nabi Daud a.s. Jika dia sempurnakan puasanya sebulan di bulan
Sya’ban, dimudahkan Allah atasnya Sakaratulmaut dan ditolakkan (terlepas)
daripadanya kegelapan di dalam kubur, dilepaskan daripada huru-hara Mungkar dan
Nakir, ditutup Allah keaipannya di hari kiamat dan diwajibkan syurga baginya.
Barangsiapa berpuasa pada awal hari khamis pada bulan Sya’ban dan akhir Khamis
daripada Sya’ban, dimasukan dia ke dalam syurga. (dari kitab Al-Barakah).
Berkata Siti Aisyah r.a., bulan yang lebih dikasihi oleh Rasululah s.a.w. ialah
bulan Sya’ban.”
Sabda Nabi s.a.w.: “Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan
adalah bulan umatku. Sya’ban ialah mengkifaratkan (menghapuskan) dosa dan
Ramadhan ialah menyucikan dosa (jasmani rohani). Sabda Nabi s.a.w.: “Bahwa
puasa Syaba'an kerana membesarkan Ramadhan. Siapa yang berpuasa tiga hari
daripada bulan Sya’ban, kemudian dia bersalawat atasku beberapa kali sebelum
berbuka puasa maka di ampunkan oleh Allah dosanya yang telah lalu, diberkatikan
rezeki baginya” antara lain sabdanya lagi: “Bahwa Allah Ta'ala membukakan pada
bulan itu tiga ratus pintu rahmat”.
PERISTIWA PENTING DI BULAN
SYA’BAN
Mengenali bulan Sya’ban tanpa
mengetahui peristiwa penting yang berlaku di bulan Sya’ban terasa tidak
lengkap. Terdapat beberapa peristiwa penting yang berlaku sepanjang bulan
Sya’ban. Antaranya ialah malam Nisfu Sya’ban, penukaran arah kiblat, dan
peperangan bani Mustaliq.
Peristiwa Sejarah di Bulan Sya’ban dan Beberapa
Keistimewaannya
(Disadur dari buku “Maa dza Fii Sya’ban” karya Prof DR
Muhammad bin Alwi Al Maliky)
1. Pemindahan Arah Qiblat
dari Baitul Maqdis ke Ka’bah
Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam firman-Nya (QS Al
Baqarah : 144)
“Sungguh Kami melihat mukamu menengadah ke langit, maka
sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah
mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu
ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Al Kitab memang
mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya;
dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.”
Penantian Rasulullah tidak sia-sia setelah beliau sering
menengadahkan wajah beliau ke langit berharap turunnya perintah peralihan arah
qiblat, Allah mengabulkan keinginan hati beliau. Berkata Sayidatuna Aisyah r.a.
: “Tidaklah aku memperhatikan Robb-mu terkecuali Dia bersegera memenuhi
kehendak hatimu.” (HR Bukhori)
2. Bulan Shalawat Nabi
Pada bulan ini Allah menitahkan firman-Nya : “Sesungguhnya
Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang
beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan
kepadanya.” (QS Al Ahzab:56)
Karenanya para ulama mengatakan bahwa sholawat adalah
ibadah yang paling afdhol karena tidak saja diperintahkan kepada kaum mukmin,
namun untuk itu Allah memberikan tauladannya. Banyak keutamaan-keutamaan yang
berkaitan dengan Sholawat Nabi ini yang tentunya seorang mukmin tidak akan
menyia-nyiakan tibanya Bulan Sya’ban ini dengan memperbanyak sholawat kepada
Rasulullah SAW.
3. Bulan Al-Qur’an
Berkata Syekh Ibn Rajab Al Hambaly kami meriwayatkan
dengan sanad dhoif dari Sahabat Anas r.a. yang berkata, “Jika telah tiba
bulan Sya’ban, kaum muslimin (pada masa beliau) menekuni mushaf mereka dan
membacanya. Mereka juga mengeluarkan zakat harta mereka sebagai dorongan moril
dan materiil terhadap kaum miskin dan papa agar mereka bisa berpuasa di bulan
Ramadhan.” Banyak para salaf jika telah tiba bulan Sya’ban mereka
meningkatkan pembacaan Al-Qur’an mereka seraya mengatakan, “Ini adalah bulan
para pembaca Al Qur’an.”
4. Bulan dimana Taqdir
Usia Ditampakkan
Ketika Sayidatuna Aisyah berkomentar tentang bulan Sya’ban
yang paling disukai oleh Rasulullah untuk berpuasa. Beliau SAW menjawab, “Sesungguhnya
Allah menentukan di bulan ini setiap jiwa yang akan meninggal di tahun
tersebut. Dan aku ingin jikalau ajal menjelang, dalam keadaan berpuasa.” (HR
Abu A’la)
5. Bulan Puasa Sunnah
Suatu ketika Rasulullah ditanya : puasa apa yang afdhol
setelah puasa Romadhon? “Puasa bulan Sya’ban untuk mengagungkan tibanya
Romadhon,” jawab Rasulullah SAW. Dan dari berbagai sumber diriwayatkan bahwa
Rasulullah SAW banyak berpuasa di bulan Sya’ban bahkan terkadang berpuasa satu
bulan penuh.
6. Malam Nisyfu Sya’ban
Pada malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan ini, Allah
membentangkan hamparan ampunan dan rahmatnya secara merata. Hingga Dia berkenan
mengampunkan para pendosa yang mengharapkan ampunan, mengasihi mereka yang
berharap kasih sayang memenuhi permohonan orang-orang yang berdoa. Banyak
hadits-hadits yang berkaitan dengan keutamaan malam itu. Yang pada intinya
mengisyaratkan betapa besar perhatian Allah terhadap hamba-hamba-Nya yang dicurahkan
pada malam tersebut hingga berkenan mengampunkan semua makhluk-Nya terkecuali
orang yang musyrik dan orang yang menumbuhkan rasa permusuhan) mengenai status
hadits-haditsnya, telah dikupas secara panjang lebar oleh pengarang dalam
bukunya tersebut, bisa ditelaah kembali bagi yang berminat). Pada malam
tersebut para salaf umumnya menganjurkan keluarga dan murid-muridnya berkumpul
untuk berdoa dan menghidupkan malam tersebut dengan berbagai kegiatan yang
bernuansa ibadah.
Berdoa di Bulan Sya`ban
Malam Nishfu Sya`ban pada khususnya dan bulan Sya`ban pada umumnya merupakan kesempatan yang besar
dan waktu yang mulia untuk beribadah. Malam tersebut adalah waktu mulia yang
penuh keberkahan, ketika seorang muslim harus
memperbanyak berbagai kebaikan dan
kebajikan.
Doa termasuk pintu
kelapangan yang terpenting dan merupakan kunci kebutuhan, tempat berlindung orang yang tengah dilanda kesulitan, dan jalan keluar orang yang terdesak kebutuhan. Allah memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa, "Berdoalah
kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut." (QS AI-Ghafir: 60).
Rasulullah SAW telah memberi kabar gembira kepada seorang
laki-laki yang diberikan kemampuan untuk berdoa bahwa ia termasuk orang yang dirahmati. Rasulullah SAW bersabda,
"Barang siapa di antara kalian
dibukakan pintu doa, berarti dibukakan pula pintu-pintu rahmat. Dan tidak ada permintaan yang lebih disukai Allah kecuali kesehatan." (HR At-Tirmidzi dan AI-Hakim).
Rasulullah SAW juga bersabda, "Doa adalah senjata orang mukmin, pilar-pilar agama, serta cahaya langit dan
bumi." Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Hakim; dan ia menyatakan, hadis ini
sanadnya shahih.
Rasulullah SAW bersabda, "Maukah aku tunjukkan sesuatu yang dapat menyelamatkan kalian dan musuh
dan melancarkan rezeki kalian?
Berdoalah kepada Allah siang dan malam. Karena, doa adalah senjata orang mukmin." (HR Abu Yas la).
Dalam hadits lain disebutkan, "Sesungguhnya Allah Maha Hidup dan Maha Mulia. Dia `rnalu' jika ada seseorang yang mengangkat tangannya berdoa,
lalu ditolak dengan tangan kosong tanpa
harapan." Hadits ini diriwayatkan
oleh Abu Daud, At-Tirmidzi (yang
menganggapnya hasan), Ibn Majah,
dan Ibn Hibban dalam Shahihnya. Juga diriwayatkan oleh Al-Hakim, ia mengatakan, "Hadits ini shahih dengan
persyaratan Al-Bukhari dan Muslim."
Rasulullah SAW menjelaskan cara agar doa diterima. Beliau
juga menegaskan, semua hasil doa itu baik
untuk orang yang berdoa, baik diketahui maupun
tidak. Artinya, terkadang ia mendapatkan hasilnya segera, dan terkadang ditunda. Rasulullah SAW menjelaskan dengan terperinci dalam sabdanya, "Setiap doa seorang muslim yang tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi, pasti Allah berikan kepadanya salah satu dari tiga hal: disegerakan pengabulannya, ditunda sebagai simpanan di hari kiamat, atau diganti
dengan dipalingkan dari keburukan yang
setara."
Para sahabat bertanya, "Bagaimana jika kami memperbanyaknya?" Rasulullah SAW
bersabda, "Allah mempunyai lebih
banyak lagi.” Hadits tersebut diriwayatkan Ahmad, Al-Bazzar, dan Abu Ya'la.
Rasulullah SAW memberitahukan, doa dapat menolak serangan
malapetaka dan meringankan ketentuan Allah
dengan ketentuan-Nya pula.
Nabi SAW juga menjelaskan,agar
doa diterima, kita mesti memintanya dengan terus-menerus dan merutinkan berdoa
dalam setiap waktu, bukan hanya ketika dalam keadaan sulit. Beliau mengatakan,
"Barang siapa ingin dipenuhi permintaannya oleh Allah di saat-saat dalam
kesulitan, hendaklah ia banyak berdoa di saat-saat senang." Hadits itu
diriwayatkan At-Tirmidzi dan Al-Hakim. Keduanya mengatakan, hadits tersebut
sanadnya shahih, Rasulullah SAW juga
bersabda, "Tidak ada yang lebih mulia di sisi Allah daripada doa yang dipanjatkan dalam
keadaan senang." Demikian hadits yang diriwayatkan At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam Shahih-nya, dan Al-Hakim.
Doa termasuk sebab terkuat untuk menolak hal-hal yang tidak disenangi. la adalah musuh bagi bencana. Doa dapat mencegah turunnya bencana dan dapat menghilangkan atau meringankannya jika bencana telah turun.
Dalam hubungannya dengan bencana, ada tiga kedudukan doa: Pertama,
doa lebih kuat daripada bencana, sehingga
dapat menolaknya. Kedua, doa
lebih lemah daripada musibah, sehingga
seseorang terkena bencana itu, tetapi
telah diringankan sekalipun sedikit.
Ketiga, doa dan bencana saling berhadapan,
satu sama lain saling mencegah,
tetapi bencana itu tetap ada pengaruhnya.
Mengapa demikian? Adakalanya,
karena doa itu sendiri seperti doa yang tidak disukai Allah, sebab mengandung permusuhan. Mungkin pula karena hati orang yang berdoa itu
lemah dan tidak benar-benar menghadap kepada Allah. Seperti busur yang sangat
lemah, maka anak panah yang keluar dari busur yang lemah akan lemah pula.
Mungkin pula ada penghalang diterimanya doa, seperti makan
sesuatu yang haram. Atau karena lalai dan
lupa, sebagaimana disebutkan dalam Al-Mustadrak, karya
Al-Hakim dan hadits Abu
Hurairah, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Berdoalah kepada Allah dengan keyakinan akan diterima; dan ketahuilah, Allah tidak menerima doa dan hati yang lalai dan lengah'."
Doa-doa Nishfu
Sya'ban
Di
antara siang-malamnya bulan Sya`ban,
malam Nishfu Sya`ban, ma-lam pertengahan, yakni tanggal 15, adalah malam yang termulia. Bahkan, dalam setahun, ia dianggap malam termulia setelah Lailatul Qadar. Karena itu, ibadah dan doa di malam Nishfu Sya`ban
lebih utama dibanding malam-malam lainnya.
Banyak doa yang disusun para ulama
yang sangat balk untuk dibaca pada malam tersebut. Di antaranya yang akan disampaikan berikut ini.
Di
awal waktu sesudah shalat Maghrib, hendaknya kita membaca surah Ya-Sin tiga kali. Pembacaan pertama, diniatkan mohon dipanjangkan umur dalam berbuat ibadah. Kedua, dengan niat minta dipelihara dan bencana, disembuhkan dan penyakit, dan diluaskan rezeki yang halal. Dan ketiga; dengan niat minta kaya hati dan segala makhluk
(tidak butuh kepada makhluk) dan
memohon husnul khatimah. Setiap selesai
membaca surah Ya-Sin dibaca salah
satu doa nisfu sya’ban di bawah ini, satu kali. Tetapi bisa juga pelaksanaannya
disertai melaksanakan sholat sunnah dua rakaat terlebih dahulu setiap hendak
membaca surah Yasin sebanyak tiga kali tersebut. Secara rinci tata caranya akan
dijelaskan seperti berikut. Karena ibadah ini adalah sunnah maka pelaksanaannya
disesuaikan situasi dan kondisinya, boleh dengan sholat sunnah maupun tanpanya.
Baik dengan sholat sunnah membaca pada raka'at pertama setelah al-Fatihah
membaca surah al-Kafirun kemudian raka'at kedua setelah al-Fatihah membaca
surah al-ikhlas, atau dengan tata cara yang diterangkan di bawah ;
Yang terpenting adalah seperti yang sudah disampaikan diatas
pada malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan ini, Allah
‘azza wa Jalla membentangkan hamparan ampunan dan rahmatnya secara merata,
sehingga seyogyannya pada malam tersebut, para salaf shalihin umumnya, sangat
menganjurkan keluarga dan murid-muridnya berkumpul bersama, untuk berdoa dan
menghidupkan malam tersebut dengan berbagai kegiatan yang bernuansa ibadah.
Amalan Doa Nifsu Sya'ban
Pada malam Selasa 15 Sya'ban 1319 H, Habib Ali bin
Muhammad Al-Habsyi.ra penyusun Maulud Simthud Dhuror berkata kepada Sayid
Abdullah bin Abubakar Alatas, putera dari guru utamanya Al-Quthb Ghauts
Al-Arifbillah Abu Bakar bin Abdullah Al-Aththas.ra, "Dahulu setiap malam
Nishfu Sya'ban, Habib Abubakar mengerjakan salat sunah 6 rakaat. Pada setiap
rakaat setelah AI-Fatihah, beliau membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 6 kali.
Setiap kali selesai mengerjakan salat dua rakaat beliau membaca fatihah dan
Yasin kemudian dilanjutkan dengan doa Nishfu Sya'ban. Aku juga melakukan salat
ini dengan cara yang sama." Habib Abdullah berkata, "Aku ingin
mengerjakan salat bersamamu." Setelah shof-shof diluruskan, Habih
Abdullah bertanya, "Bagaimana niatnya?"
Habib Ali berkata, "Ucapkanlah:
Usholli
rok’ataini lillaahi ta’aalaa
Aku niat salat dua rakaat karena Allah Ta'ala.
Namun jika kalian meniatkan sebagai salat Sunah Awwabin
akan lebih utama; ushollii rok-ataini min sunnatil awwaabiin lillaahi
ta'aalaa.
Pada setiap rakaat setelah Al-Fatihah, membaca Surat
Al-Ikhlas sebanyak 6 kali. Setiap kali selesai mengerjakan salat dua rakaat
lalu membaca fatihah dan Yasin kemudian dilanjutkan dengan doa Nishfu Sya'ban
seperti dibawah ini ;
Habib Ali kemudian mengimami kami. Setelah mengucapkan
salam dari dua rakaat pertama beliau menghadap kepada kami, lalu mengucapkan:
Al-Fatihah wa Yaasin biniyyati thuwlil ‘umri ma’al
tawfiiqi liththa’ati
Al-Fatihah dan Yasin dengan niat agar Allah
memanjangkan umur dan memberi kita taufik hidayah untuk taat kepada-Nya.
Setelah membaca (Fatihah dan
Yasin) beliau menuntun kami membaca doa Nishfu Syaban untuk
dibaca bersama-sama, diawali basmalah hamdalah dan shalawat yang berbunyi:
Bismillahir-rohmaanir-rahiim. Alhamdulillahir-rabbil-‘alaamin.
Washallalahu ‘ala Sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa
shahbihi wasallam
Allahumma ya dzal-manni wa la yumannu ya dzal-jalali walikram, ya dzath-thauli wal-in’am, lailaha illa anta zhahral-lajina wa jaral-mustajirina
wa ma' manal-kha’ifin. Allahumma in kunta katabtana ‘indaka fi ummil-kitabi
asyqiya'a au mahrumina au muqtaran 'alaina fir-rizqi famhullahumma bifadhlika syaqawatana wa hirmanana wa iqtara arzaqina wa atsbitna ‘indaka fi
ummil kitabi su'ada'a marzuqina muwaffaqi-na lil-khairat. Fainnaka qulta wa qaulukal-haqqu
fi kitabikal-munzali ‘ala lisani nabiyyikal-mursal, yamhullahu ma yasya'u wa
yutsbitu wa ‘indahu ummul-kitab. Ilahana bit-tajallil-a`zhami fi
lailatin-nishfi min syahri sya’banal-mukarram allati yufraqu fiha kullu amrin hakimin wa yubram
nas'aluka an taksyifa 'anna minal-bala’i ma na’lamu wa ma la na’lam, wa ma anta bihi a’lam. Innaka antal-a'azzul-akram. Wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi washahbihi wa sallam, wal hamdulillahi rabbil ‘alaamin.
Ya
Allah, yang memiliki anugerah dan tidak dianugerahi, yang memiliki kebesaran
dan kemuliaan, yang memiliki karunia dan kenikmatan, tiada Tuhan melainkan
Engkau, Engkau-lah tempat berlindung, tempat memohonkan pertolongan, dan tempat
aman hagi orang yang ketakutan. Ya Allah, jika telah Engkau tuliskan nasibku
dalann Ummul kitab sebagai orang yang sengsara, atau orang yang diharamkan
rnendapat kenikmatan, atau orang yang ditolak, atau orang yang disempilkan
rezekinya, maka demi kemurahan-Mu, hapuskanlah ya Allah, kesengsaraanku,
keterhalanganku dari nikmat, ketertolakkanku, dan kesempitan rezekiku. Kemudian
tetapkanlah aku di dalam Urmnul Kitab yang ada di sisi-Mu sebagai orang yang
bahagia, rnendapat rezeki cukup, memperoleh taufiq untuk melakukan segala
kebaikan. Sesungguhnya Engkau telah berfirman dan firman-Mu lah yang benar, di
dalam kitab-Mu yang diturunkan kepada Nabi-Mu yang diutus, yaitu, "Allah
(berkuasa untuk) menghapus dan menetapkan yang dikehendaki-Nya, dan di sisi-Nya
Ummul kitab". Ya Allah, dengan tajalli-Mu yang Mahu agung pada
malam Nisfu Sya'ban yang mulia ini, yang di dalamnya dipisahkan dan dikukuhkan
semua persoalan penting, aku mohon agar dihindarkan dari malapetaka yang aku
ketahui, atau yang tidak aku ketahui, atau yang lebih Engkau cintai,
sesungguhnya Engkau Maha Luhur dan Mulia. Semoga sholawat dan salam dilimpahkan
kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya, dan segenap puji bagi-Mu ya
Allah, Pemelihara sekalian alam.
Beliau lalu memimpin salat
dua rakaat lagi. Setelah salam beliau mengucapkan:
al-faatihah
wa yaa siin biniyyatil hifzh wal 'ishmati minal aafaat wal 'aahaat, wa
biniyyatis sa’ati fiir-rizqi zh-zhahiri wal baathini
Al-Fatihah
dan Yasin dengan niat agar Allah melindungi kita dari segala bencana dan
penyakit juga dengan niat agar Allah melapangkan rezeki: lahir mapun batin.
Setelah selesai membaca
(Fatihah dan Yasin), beliau menuntun kami membaca doa Nishfu Sya'ban lagi.
Setelah itu beliau memimpin kami untuk salat dua rakaat lagi yang ketiga.
Setelah salam beliau mengucapkan:
al-faatihah wa yaa siin biniyyatil ghinaa`al-qolbi
wa husnul khootimah.
Al-Fatihah dan Yasin dengan niat agar Allah menjadikan
hati kita kaya dan mengakhiri usia kita husnul khotimah.
Setelah
selesai membaca (Fatihah dan Yasin) beliau menuntun kami membaca doa Nishfu
Sya'ban.
Selain
itu bisa pula dibaca doa yang pendek berikut ini:
Alláhumma innaka `afuwwun karimun tubibbul-'afwa fa’fu
anni. AIlahuumma inni as'alukal-afwa wal ‘afiyata wal-mu’afátad-da’imata fid-dini wad-dunya wal-akhirah.
(Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha
Pengampun dan Mahamulia, Engkau suka mengampuni. Maka ampunilah aku.Ya Allah, aku mohon ampunan
dan afiat, serta perlindungan yang tetap dalam urusan agama, dunia, dan
akhirat.)
sedangkan
para warga NU banyak mengamalkan dengan tata cara sebagai berikut ;
Sya’ban adalah salah satu
bulan istimewa, bulan yang dihormati dalam agama Islam, selain Muharram,
Dzulhijjah dan Rajab. Lebih utama lagi pada malam ke lima belas, yang dikenal
dengan nama malam Nisfu Sya’ban.
Sebagaimana
dijelaskan dalam hadits shahih dari Mu‘az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu, bahwa
pada malam ini “Allah menjenguk datang kepada semua makhlukNya di Malam
Nishfu Sya‘ban, maka diampuni segala dosa makhlukNya kecuali orang yang
menyekutukan Allah dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani
dan Ibnu Hibban).
Begitu
juga hadits riwayat Aisyah r.a.
عن عائشة بنت أبي بكر قالت: « قام رسول الله من الليل يصلي، فأطال السجود حتى ظننت أنه قد قبض، فلما رأيت
ذلك قمت حتى حركت إبهامه فتحرك فرجعت، فلما رفع إلي رأسه من السجود وفرغ من
صلاته، قال: يا عائشة أظننت أن النبي قد خاس بك؟، قلت: لا والله يا رسول الله،
ولكنني ظننت أنك قبضت لطول سجودك، فقال: أتدرين أي ليلة هذه؟ قلت: الله ورسوله
أعلم، قال: هذه ليلة النصف من شعبان، إن الله عز وجل يطلع على عباده في ليلة النصف
من شعبان، فيغفر للمستغفرين، ويرحم المسترحمين، ويؤخر أهل الحقد كما هم »
Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata bahwa Rasulullah SAW
bangun pada malam dan melakukan shalat serta memperlama sujud, sehingga aku
menyangka beliau telah diambil. karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau
dan ternyata masih bergerak. Ketika beliau mengangkat kepalanya dari sujud dan
selesai dari shalatnya, beliau berkata, “Wahai Asiyah, (atau Wahai Humaira’),
apakah kamu menyangka bahwa Rasulullah tidak memberikan hakmu kepadamu?”Aku
menjawab, “Tidak ya Rasulallah, namun Aku menyangka bahwa Anda telah dipanggil
Allah karena sujud Anda lama sekali.” Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kamu
malam apa ini?” Aku menjawab, “Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.”Beliau
bersabda, “Ini adalah malam nisfu sya’ban (pertengahan bulan sya’ban). Dan
Allah muncul kepada hamba-hamba-Nya di malam nisfu sya’ban dan mengampuni orang
yang minta ampun, mengasihi orang yang minta dikasihi, namun menunda orang yang
hasud sebagaimana perilaku mereka.” (HR Al-Baihaqi)
Begitulah
kemurahan Allah swt yang diberikan kepada hambanya di malam Nisfu Sya’ban.
Sehingga dalam kesempatan lain Aisyah meriwayatkan hadits lagi dengan banyaknya
pengampunan itu semisal bulu kambing Bani Kalb
عن عائشة بنت أبي بكر قالت:
«قال رسول الله : "إن الله ينزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا، فيغفر
لأكثر من عدد شعر غنم كلب"
Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla turun ke langit dunia
pada malam nisfu sya’ban dan mengampuni lebih banyak dari jumlah bulu pada
kambing Bani Kalb (salah satu kabilah yang punya banyak kambing). (HR
At-Tabarani dan Ahmad)
Demikianlah
hendaknya kesempatan ini tidak disia-siakan. Seorang muslim yang bijak tentunya
akan memanfaatkan malam Nisfu Sya’ban sebaik-baiknya, dengan sebaik-baiknya
memohon pengampunan dan melaksanakan amal kebaikan sebanyak-banyaknya. Demikian
hadits riwayat Ali bin Abi Thalib menegaskan
عن علي بن أبي طالب قال: «قال
رسول الله : "إذا كان ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها فإن
الله ينزل فيها إلى سماء الدنيا فيقول ألا من مستغفر فأغفر له ، ألا من مسترزق
فأرزقه ألا من مبتلى فأعافيه ألا كذا ألا كذا حتى يطلع الفجر
Dalam hadis Ali, Rasulullah bersabda: "Malam nisfu
Sya'ban, maka hidupkanlah dengan salat dan puasalah pada siang harinya,
sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda:
"Orang yang meminta ampunan akan Aku ampuni, orang yang meminta rizqi akan
Aku beri dia rizqi, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan,
hingga fajar menyingsing." (H.R. Ibnu Majah dengan sanad lemah).
Amalan Malam Nisfu Sya’ban
Berbagai
amalan malam Nisfu Sya’ban dapat dimulai setelah sholat maghrib. Berpegang pada
hadits Rasulullah saw, sebaiknya ibadah malam Nisfu Sya’ban ini dilakukan
secara individual (tidak berjama’ah). Namun juga tidak ada pelarangan jika
dilakukan secara berjama’ah. Dengan didahului shalat sunnah dua rakaat yang
niatnya adalah
أصلى سنة نصف شعبان ركعتين لله تعالى
Artinya:
Aku niat shalat sunat nisfu sya’ban 2 rakaat sebagai
karena Allah Ta’ala.
Bilangan shalat sunnah Nisfu Sya’ban adalah 2 rakaat dengan 1 kali salam. Pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun. Sedangkan pada rakaat setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas.
Dalam
Ihya’ Ulumiddin, Imam Ghazali memberikan petunjuk agar dalam setiap rekaatnya
setelah membaca fatihah hendaknya membaca surat al-Ikhlas sebelas kali. Atau
dapat juga shalat sepuluh rakaat disetiap rakaatnya membaca Fatihah dan membaca
al-Ikhlas seratus kali. Shalat ini disebut juga shalat al-khair, hal ini
berdasar pada apa yang dilakukan oleh para ulama terdahulu.
Setelah
shalat sunnah dua rekaat biasanya dilanjutkan dengan membaca surat yasin tiga
kali yang dan ditutup dengan do’a malam Nisyfu Sya’ban di bawah ini
اَللَّهُمَّ
يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ
ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ
وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ
كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ
مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ
فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي
وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا
لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ
عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ
اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ
شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ
وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ
وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى
اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ .
اَمِيْنَ
Allaahumma yaa dzal-manni wa la yumannu ‘alaika yaa
dzal-jalaali wal-ikraam, yaa dzath-thauli wal-inaam, laa ilaaha illaa anta
zhahral-ladziina wajaaral-mustajiiriina wa ma’ manal-khaa’ifiin.
Allaahumma in kunta katabtanaa ‘indaka fii ummil-kitaabi asyiqiyaa’a au
mahruumiina au muqtarran ‘alaina fir-rizqi fahumllaahumma bifadhlika
syaqaawatanaa wa hirmaananaa wa iqtaara arzaaqinaa wa atsbitnaa ‘indaka fii
ummil-kitaabi su’adaa’a marzuuqina muwaffaqiina lil-khairaat. Fainnaka qulta
waqaulukal-haqqu fii kitaabikal-munzali ‘alaa lisaani nabiyyikal-mursal,
yamhullaahu maa yasyaa’u wa yutsbitu wa ‘indahu ummul-kitaab.
Ilaahana bit-tajallil-a’zhami fii lailatin-nishfi min syahri
sya’baanal-mukarram allatii yfraqu fiiha kullu amrin hakiimin wa yubram
nas’aluka an taksyifa ‘annaa minal-balaa’i maa na’lamu wa maa laa na’lam, wa
maa anta bihi a’lama wa anta 'alamul ghaibi birahmatika yaa arhamar rahimin, wa
shalallahu alaa sayyidina Muhammadin wa alaa wa shahbihi wa sallam. amiin.
Artinya:
Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan. Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus: “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.” Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau. Amin.
Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan. Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus: “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.” Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau. Amin.
Demikianlah keutamaan dan kelebihan malam Nishfu Sya’ban,
marilah kita manfaatkan malam yang mulia ini untuk mendekatkan diri dan memohon
sebanyak-banyaknya kepada Allah.
EmoticonEmoticon