TEMUKAN PENYEBABNYA TEMUKAN JAWABANYA 1

بسم الله ارحمن ارحيم 


Tidak ada kesusahan yang muncul, tidak ada kesulitan yang timbul, dan tidak ada permasalahan kehidupan yang terjadi, kecuali diri kitalah yang mengundang permasalahan tersebut datang.
 
Mungkin saat ini saudara menganggap bahwa saudara sedang terpuruk. Tapi biarlah. Biarkan keterpurukan datang, biarkan penyakit menyentuh kehidupan saudara. Sementara dia datang, persiapkan saja diri saudarasebaik-baiknya agar ketika semuanya berlalu, kita sudah menjadi manusia yang lebih beriman dan lebih yakin akan keberadaan Allah....

Apapun masalah yang sedang kita ahadapi saat ini jika kita teliti dengan sejujur-jujurnya, adalah berasal dari diri kita sendiri. Karena dosa-dosa yang kita buat sendiri. Akan tetapi jangan takut dan jangan berkecil hati saudaraku,
 
Allah Tuhan kita, adalah Tuhan yang MAHA pemurah. Kemurahan dan belas kasih-Nya, melebihi murka –NYA. Kepada-Nya kita berserah diri, kepada-Nya kita kembali, dan dari-Nyalah segala jalan keluar atas masalah kita berasal.

268. Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat
kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. ( AL BAQOROH – 268)

 
Lantas bagaimana dengan orang yang senantiasa berbuat dosa akan tetapi penghidupanya tetap nyaman, tetap enak??? Padahal dia ahli maksiyat ahli dosa??? Maka jawabanya itu adalah ISTIDRAJ. 

Sebagaimana hadist Rasulullah riwayat imam AHMAD :
 
“Jika kamu melihat Allah sedang memberikan karunia Nya berupa kesenangan dunia kepada seseorang, sedang orang tersebut masih saja berbuat kemaksiatan, maka ketahuilah, itulah yang dinamakan istidraj.”

44. Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang Telah diberikan kepada mereka, kamipun
membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang Telah diberikan kepada mereka, kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, Maka ketika itu mereka terdiam berputus asa. (AL AN’AAM 44.)

Karenanya jikalau permasalahan terhidang di depan kita, maka introspeksi diri adalah jalan pertama yang harus kita tempuh. 

INI ADALAH PANDUAN UNTUK MUHASABAH DIRI KITA SENDIRI, BUKAN UNTUK MENCOBA MENELITI ATAU MENILAI ORANG LAIN. SAMA SEKALI BUKAN!!!.

Secara garis besar ada 10 macam dosa yang biasa dilakukan yang menjadi sumber permasalahan. 

Diantaranya:
  1. Mempersekutukan Allah.
  2. Menyusahkan orang lain.
  3. Bermasalah dengan orang tua / Ayah-Ibu.
  4. Suka atau pernah berzina.
  5. Bermasalah dengan sholat kita.
  6. Kufur nikmat / tidak pernah bersyukur / cara bersyukur salah.
  7. Berbalut / memakan rizki yang haram.
  8. Tidak pernah berbagi / bersedekah dengan orang lain.
  9. Suka minum minumah yang haram.
  10. Suka berjudi.

Jika dari 10 hal tersebut memang ada pada diri kita maka sebelum kita kemana mana cari solusi. Taubat adalah solusi pertamanya. Kamanapun kita melangkah jika tidak bertaubat, maka kita akan mentok. Jika bertaubat yang sebenarbenarnya.
 
Maka jalan keluar akan Allah datangkan ke hadapan kita tanpa kita bersusah payah.
Bersambung..............................


EmoticonEmoticon