25 Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan dari Imam Ja’far Shodiq as

tips bahagia dari imam ja'far shodiq

1- طلبتُ الجنة، فوجدتها في السخاء
“ Aku mencari surga, maka aku temukan pada kedermawanan”

2- و طلبتُ العافية، فوجدتها في العزلة
“ Aku mencari afiyah (keselamatan dalam bencana dan kesulitan), maka aku temukan dalam menyendiri (menyendiri dari keramaian yang tak berguna)

3- و طلبت ثقل الميزان، فوجدته في شهادة «ان لا اله الا الله و محمد رسول الله
“ Aku mencari beratnya amal timbangan amal, maka aku dapatkan dalam bersaksi bahwa TIADA Tuhan selain Allah, dan Muhammad SAW adalah utusan-Nya”.

4- و طلبت السرعة في الدخول الي الجنة، فوجدتها في العمل لله تعالي
“Aku mencari kesegeraan dalam memasuki surga, maka aku dapatkan pada amal kebajikan demi Allah semata”.

5- و طلبتُ حب الموت، فوجدته في تقديم المال لوجه الله
“Aku mencari cinta terhadap kematian, maka aku dapatkan pada mengajukan harta demi mengharap ridha Allah SWT (MENGIRIM PAHALA SEDEKAH)”.

6- و طلبت حلاوة العبادة، فوجدتها في ترك المعصية
“Aku mencari manisnya Ibadah, maka aku temukan dalam meninggalkan maksiyat.”

7- و طلبت رقة القلب، فوجدتها في الجوع و العطش
“ Aku mencari kelembutan, maka aku dapatkan daam rasa lapar dan dahaga”.

8- و طلبت نور القلب، فوجدته في التفكر و البكاء
“ Aku mencari cahaya hati, maka kau temukan dalam pikiran”.

9- و طلبت الجواز علي الصراط، فوجدته في الصدقة
“Aku mencari restu untuk melewati jembatan pemeriksaan (Shirat), maka aku temukan dalam sedekah”

10- و طلبت نور الوجه، فوجدته في صلاة الليل
“Aku mencari cahaya wajah, maka aku temukan dalam sholat malam”.

11- و طلبت فضل الجهاد، فوجدته في الكسب الحﻻل للعيال
“Aku mencari keutamaan jihad, maka aku temukan dalam mencari rizki yang halal”

12- و طلبت حب الله عزوجل، فوجدته في بغض أهل المعاصي
“Aku cari kecintaan Allah maka akau dapatkan dalam membenci pelaku maksiat (membenci perilakunya, bukan dzatnya)”.

13- و طلبت الرئاسة، فوجدتها في النصيحة لعبادالله
“Aku mencari kepemimpinan maka aku temukan dalam tulus menasihati hamba-hamba Allah”.

14- و طلبت فراغ القلب، فوجدته في قلة المال
“Aku mencari ketenangan hati maka aku temukan dalam sedikitnya harta”.

15- و طلبت عزائم الامور، فوجدتها في الصبر
“Aku mencari perkara-perkara yang teguh, maka aku dapatkan dalam kesabaran.”

16- و طلبت الشرف، فوجدته في العلم
“Aku mencari kemuliaan maka aku dapatkan dalam ilmu.”

17- و طلبت العبادة فوجدتها في الورع
“Aku mencari ibadah maka aku dapatkan dalam wara’ (kehati-hatian dalam agama).”

18- و طلبت الراحة، فوجوتها في الزهد
“Aku mencari ketentraman maka aku temukan dalam kezuhudan”.

19- و طلبت الرفعة، فوجدتها في التواضع
“Aku mencari ketinggian maka aku temukan dalam kerendahan hati.”

20- و طلبت العز، فوجدته في الصدق
“Aku mencari kejayaan maka aku temukan dalam kejuran.”

21- و طلبت الذلة، فوجدتها في الصوم
“Aku mencari kerendahan hati, maka aku temukan dalam berpuasa.”

22- و طلبت الغني، فوجدته في القناعة
“Aku mencari kekayaan maka aku temukan dalam Qona’ah (Kepuasan dengan apa yang telah Allah Anugrahkan).”

23- و طلبت الانس، فوجدته في قراءة القرءان
“Aku mecari ketentraman maka aku dapatkan dalam membaca Al Qur’an”.

24- و طلبت صحبة الناس، فوجدتها في حسن الخلق
“Aku mencari persahabatan dengan manusia, maka aku temukan dalam keindahan budi pekerti.”

25- و طلبت رضي الله، فوجدته في برالوالدين
“Aku mencari keridhaan Allah, maka aku dapatkan dalam BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA”.

Sumber: Mustadrak al Wasail; Syeikh an Nuri ath Thabarsi,15/174-174/hadis no. 13810

1 komentar:

Alhamdulillah banyak ilmu hikmah yang didapat...


EmoticonEmoticon