Arti Tobat bagian 1

Duhai orang yang ingin bertobat, yang berhasrat untuk bertobat, yang mengetahui bahwa tobat adalah langkah awalnya dalam perjalanan menuju Allah, yang memahami bahwa tobat adalah kebutuhan pokoknya, yang mengerti bahwa tobat adalah modal utamanya, sesungguhnya tobat merupakan ungkapan dari suatu pengertian yang terpadu dan tersusun dari tiga hal, yaitu: ilmu, suasana hati (hal) dan perbuatan.

والتوبة الخلصاء اول خطوة    للسالكين إلى الحماء الأمنع


Tobat yang tulus adalah langkah awal Para salik menuju benteng nan kokoh

Yang dimaksud dengan ilmu adalah pengetahuan tentang besarnya bahaya yang diakibatkan oleh dosa-dosa dan tentang posisi dosa-dosa tersebut sebagai penghalang (hijab) antara hamba dengan setiap yang dicintainya.

Dosa….semua keburukan terdapat dalam dosa, segala keburukan dunia dan Akhirat adalah karena dosa. Dosa mengakibatkan hati dan wajah berubah menjadi hitam kelam. Dosa menyebabkan seseorang jauh dari wilayah para Nabi dan Shiddiqin.

Jika seseorang telah mengetahui dengan sebenar-benar pengetahuan bahwa dosa menyebabkan semua itu, maka dalam hatinya akan muncul perasaan pedih karena ia terhalang untuk memperoleh yang dicintainya. Sebagaimana kita ketahui, hati akan terluka ketika ia tidak mendapatkan yang dicintainya. Dan jika ternyata luka tersebut diakibatkan oleh perbuatannya sendiri, maka luka yang ia derita dan penyesalannya akan semakin besar. Kekasih yang ia cintai pergi meninggalkannya karena perbuatannya sendiri….Yang menyebabkan kekasihnya pergi bukan orang lain, bukan penyebab lain, akan tetapi dirinya sendiri…Oh, betapa sedih hatinya….Betapa besar lukanya .Ia akan berkata, “Oh .kekasihku pergi meninggalkanku karena perbuatanku….! Siapakah aku ini sebenarnya….? Mengapa aku melakukan semua ini?” Ia pun menyesali perbuatannya. Rasa sakit (pedih) karena kehilangan kekasih lantaran perbuatannya sendiri itulah yang disebut penyesalan. Pengetahuannya akan besarnya bahaya yang ditimbulkan dosa tersebut membuahkan hal, yaitu hal penyesalan. Jika rasa penyesalan ini telah menguasai hati, maka akan membuahkan hal iradah (keinginan) dan niat yang mendorongnya untuk melakukan tindakan yang berhubungan dengan saat kini, masa lalu dan masa yang akan datang. Tindakan yang berhubungan dengan saat kini adalah ia akan segera meninggalkan perbuatan dosa tersebut, sedangkan yang berhubungan dengan masa yang akan datang adalah ia tidak akan mengulanginya hingga akhir umur, adapun yang berhubungan dengan masa lalu adalah ia segera mengganti atau mengerjakan ulang kewajiban yang dahulu pernah ia abaikan. Dengan demikian maka sempurnalah tobatnya.
Jelaslah sudah bahwa ilmu merupakan langkah awal bagi setiap orang yang ingin bertobat dan sumber semua kebaikan yang tersebut di atas. Yang kumaksud dengan ilmu di sini adalah keimanan dan keyakinan. Keimanan adalah kepercayaan bahwa dosa merupakan racun yang sangat mematikan  Jika engkau telah mengetahui hal ini dengan pengetahuan yang menyebabkanmu seakan-akan dapat melihatnya langsung dengan kedua matamu, maka pengetahuanmu ini cukup untuk membentengi dirimu. Jika tidak, maka sesungguhnya hatimu belum mengetahui meskipun engkau memiliki pengetahuan. Coba perhatikan, seorang anak kecil yang tidak mengetahui bahaya ular, ketika melihat seekor ular ia segera lari menjauhinya karena ia melihat ayahnya menghalau ular tersebut. Ketika melihat ayah dan ibunya ketakutan ia pun ketakukatan dan segera menjauhinya.

Sumber : Obat Hati Saduran Ceramah Al Habib Umar bin Hafidz
dari: http://www.alhabibahmadnoveljindan.org


EmoticonEmoticon