31 Sifat Mulia Nabi Muhammad SAW

kemuliaan akhlaq nabi Muhammad SAW

1. Rasulullah SAW adalah manusia yang paling waro (berhati-hati dalam agama), Paling zuhud (tidak mencintai dunia), Paling menjaga diri, paling dermawan, paling penyabar, paling banyak beribadah, paling menjauh tempat-tempat yang dapat menimbulkan kecurigaan. Tangan beliau tidak pernah sama sekali menyentuh wanita ajnabiyah untuk dijadikan teladan bagi umatnya, agar mereka berhati-hati.

2. Apabila menasihati, Nabi SAW tidak menyebut nama orang tertentu akan tetapi mengumumkan nasihatnya untuk semua orang. Ini agar orang tersebut tidak malu berkumpul bersama manusia. Beliau SAW misalnya mengatakan:
ما بال اقوام يفعلون كذا
Mengapa ada kaum yang melakukan ini? (HR BUKHORI-MUSLIM)

3. Nabi SAW adalah manusia yang paling qonaah (menerima) dengan yang sedikit dari dunia, dan yang paling sedikit biaya hidupya. Beliau merasa cukup dengan hanya satu suap makanan dan satu genggam khosaf (kurma yang buruk mutunya)

4. Nabi SAW merasa malu dari pandangan Allah SWT. Oleh sebab itu , jika ingin masuk kamar mandi beliau menutupi kepalanya dengan ridanya karena sangat malu. Bumi pun langsung menelan apa yang keluar dari jasad Nabi SAW.

5.  Nabi SAW adalah manusia yang paling berkasih sayang dan khawatir kepada umatnya. Beliau pernah mengatakan:
اللهم لا ترني في أمتي سوءا
Ya Allah, Jangan Engkau perlihatkan keburukan umatku kepadaku.
Doa beliau dikabulkan oleh Allah SWT, Beliau tidak mendapati keburukan umatnya sampai beliau wafat.

6. Beliau menutup mata dari keindahan dunia. Tidak berlama-lama memandang perhiasan dunia. Beliau terjaga dari pandangan mata yang memandang dengan khianat.

7. Beliau SAW menutupi tubuhnya ketika mandi dari janabah dan mandi lain. Beliau tidak mandi dalam keadan telanjang sama sekali karena malu kepada Allah SWT.
8. Jika ingin buang air, Beliau SAW akan menjauh dari manusia atau menutupi diru di balik pagar atau semisalnya sehingga tidak ada yang melihatnya. 

9. Beliau SAW memakai apa yang ada. Kadang beliau memakai kain syamlah, kadang beliau memakai kain selendang lurik dari yamann dam kadang memakai jubah dari wol.

10. Beliau SAW jika diberikan pakaian oleh orang lain tidak pernah merubah bentuk pakaiannya walaupun terlalu lebar atau sempit. Pernah Beliau SAW diberi jubah yang lengan tangannya sangat sempit sehingga beliau tidak dapat mengeluarkan kedua tangannya kecuali dengan kesulitan. Maka ketika berwudhu beliau mengeluarkan tangannya dari bawah pakaiaan itu untuk membasuhnya

11. Beliau membonceng di belakang hewan tungganngannya budaknya atau sahabatnya. Kadang beliau membonceng dua orang satu di depan dan satu di belakang, ini jika yang dibonceng adalah anak –anak seperti Hasan dan Husain dan anak-anak Sahabat Jakfar bin Abi Thalib Ra. Beliau melakukannya jika hewan kendaraannya kuat untuk dinaiki dua orang.

 12. Beliau mengendarai apa yang ada. Kadang beliau menunggang kuda, kadang unta, kadang keledai, kadang baghlah kadang beliau jalan kaki tanpa alas kaki kadang tanpa selendang bahkan kadang tanpa peci untuk mengunjungi orang-orang sakit di pelosok Madinah

13. Beliau SAW menyukai minyak wangi dan membenci bau tyang tidak sedap

14.  Beliau makan bersama dengan orang-orang fakir, miskin dan pelayan

15. Nabi SAW membersihkan kutu dari baju-baju orang miskin, janggut dan kepala mereka

16. Nabi SAW selalu datang jika diundang siapapun. Beliau SAW juga menghadiri setiap jenazah orang Islam baik yang dikenal atau tidak.

17. Beliau SAW senantiasa beribadah kepada Allah baik di siang hari maupun di malam hari. Tidak ada satu waktu pun terlewat kecuali dalam ketaatan kepada Allah SWT atau dalam perbuatan yang manfaatnya kembali kepada Beliau dan kepada umat Islam.

18. Beliau SAW kadang mencari kayu bakar dan membawa kayu bakar itu sendirian ke rumahnya sebagai bentuk ketawadhuan.

19. Beliau SAW tidak pernah merendahkan seorang miskin karena kemiskinanya. Tidak pula merasa gentar kepada raja karena kerajaannya. Beliau mengajak mereka semua ke jalan Allah dengan ajakan yang sama.

20.Apabila lidah Beliau SAW terlanjur mencaci seseorang, maka beliau akan berdoa:
اللهم اجعلها له صلاة وزكاة وقربة تقربه بها اليك يوم القيامة
Ya Allah jadikanlah cacianku itu sebagai rahmat dan mendekatkan dia di hari kiamat kepada Mu.
Dan beliau Tidak pernah melakanat wanita, tidak pula pelayan, unta, atau apapun.

21. Jika Rasulullah SAW diminta untuk mendoakan keburukan untuk suatu kaum, beliau akan meggantinya dengan mendoakan kebaikan untuk kaum itu.

22.Nabi SAW tidak pernah sama sekali memukul wanita, pelayan atau orang lain kecuali ketika jihad atau ketika memberikan hukuman had. Maka beliau memerintahkan algojo untuk menghukumnya untuk mensucikan dosanya.

23. Pernah Nabi SAW memanggil-manggil budak wanita, tapi budak itu tidak menjawab panggilan Beliau SAW. Maka Nabi SAW berkata:
والله لولا خشية القود يوم القيامة لأوجعتك بهذا السواك
Demi Allah Jika Bukan Karena takut dibalas di hari kiamat akan aku sakiti engkau dengan kayu siwak ini (HR Abu Ya’la)

24. Tidak ada seorang pun baik sorang merdeka atau budak wanita atau budak perempuan atau orang miskin yang datang kepada Nabi SAW untuk suatu suatu keperluan kecuali Beliau SAW akan segera bangkit bersamanya dan menuntaskan keperluannya walaupun harus menuju pelosok Madinah atau desa yang ada di luar Kota Madinah untuk menghibur hati mereka.

25. Nabi SAW memuliakan semua orang yang datang kepada Beliau SAW. Beliau SAW mempersilahkan tamunya untuk memakai bantal yang ada di bawah beliau, apabila tamunya menolak, Nabi SAW akan memaksanya sampai tamu itu mau menerima. Terkadag beliau membentangkan kain atau rida bagi orang yang tidak Beliau kenal dan tidak pula memiliki hubungan kerabat.

26. Nabi SAW tidak pernah mengeluhkan alas tempat tidurnya sama sekali. Jika mereka membentangan sesuatu, beliau akan duduk di sana atau berbaring di sana. Dan jika mereka tidak membentangkan sesuatu maka beliau duduk di atas tanah dan berbaring di atasnya.

27. Beliau SAW toleran dan lembut ketika bergaul bersama para sahabatnya. Tidak berkata kasar atau keras tidak pula suka berteriak di pasar.

28. Beliau SAW selalu menjadi orang pertama yang mengucapkan salam kepada semua orang yang ditemuinya dari kaum muslim
29. Apabila ada seorang yang memegang tangan Nabi SAW, Beliau SAW akan terus menggenggamya dan berjalan dengan memegang tangannya sampai orang itu sendiri yang melepaskan genggamannya dan pergi.

30. Tidaklah Nabi SAW berdiri dalam suatu majlis, tidak pula duduk kecuali dalam keadaan berdzikir kepada Allah.

31. Apabila Nabi SAW berjumpa dengan salah satu sahabatnya, Beliau SAW yang pertama bersalaman dengannya kemudian menggenggam erat tangannya sesuai dengan adat orang Arab


EmoticonEmoticon