TEMUKAN PENYEBABNYA TEMUKAN JAWABANYA 4

BISMILLAHIROHMANIRROHIIM

Setelah sebelumnya kita ulas sedikit tentang 2 point pertama penyebab masalah yang sering muncul dalam kehidupan kita ( menyekutukan Allah, menyusahkan orang lain ), sekarang kita masuk pada Point ke 3 tentang hal yang biasa menjadi penyebab masalah dalam hidup kita:

“ apakah kita suka menyusahkan orang tua kita??”

Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya Telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepada-ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, Hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. LUQMAN: 14)

Kita semua sudah hafal dengan kata kata ridha Allah tergantung pada ridho orang tua. Tapi apakah kita sudah menghayati hal tersebut dengan benar?? Banyak hal dan kejadian kesusahan dan masalah yang di alami oleh manusia yang muaranya adalah rasa sakit orang tua pada perilaku anak anaknya. Sehingga kita perlu khawatir kalau kalau orang tua kita tidak sebahagia yang kita bayangkan atau kita sangka.

Kita perlu mengoreksi diri kita apa saja yang sudah kita berikan pada orang tua kita selama ini. Apakah kita berikan tangis bahagia? Atau tangis kecewa? Atau rasa kesepian karena kita tidak pernah mengunjunginya?? Tidak pernah mengajak anak kita untuk mengunjunginya??

Atau pernahkah kita membuat orang tua kita kecewa?? Kita jual harta benda miliknya tanpa ijin dan ridhonya?? Ini adalah sumber masalah di kehidupan kita cepat atau lambat.

Tauakah kita tidak lagi merasa perlu denganya? Tak pernah kita minta doanya? Jauh jauh kita cari doa dari orang lain tetapi kita lupakan doa dari orang tua? Sungguh bila orang tua kita dengan tulus dan ridho mendoakan kita, tak ada lain kecuali qobul dari Allah SWT. Tapi kapan kita minta doa padanya? Tiap akan memulai usaha? Tiap ada masalah? Atau ketika tak ada jalan keluar dari masalah ? atau tak pernah?

Dulu orang tua kita berjuang untuk menghidupi kita, mementingkan kita hingga kita bisa hidup seperti sekarng, tapi apa yang beri kepada mereka? Dan apa pula yang kita beri untuk pasangan kita? Sudahkah adil??
Orang tua kita bertarung hidup dan mati mandi keringat, hilangakan capek dan malu untuk menghidupi kita, sudahkah kita berterimakasih kepadanya??

Kita mungkin ingin mempunyai orang tua yang menurut kita ideal tapi tahukah kita bahwa orang tua kita adalah yang terbaik buar kita. Mereka pemberi kasih sayang yang tak ada bandinganya.

Marilah kita perbaiki hubungan kita dengan orang tua, minta maaf dan ridhonya baik yang masih hidup ataupun tiada. Saya pun mohon doa semoga saya menjadi anak yang berbakti pada orang tua, demikian pula anak dan keturunan saya.

Berikutnya akan kita bahas tentang sumber masalah berikutnya, yakni berzina. Semoga Allah memberi kekuatan pada kita semua. Tingkatkan amal sholeh kita, stop dosa kita. Sholat 5 waktu tepat pada waktunya, tambahkan dhuha dan tahajud dan banyaklah bersholawat. Semoga Allah segera Angkat kesulitan kita dan segera kabulkan hajad kita. Amin.


EmoticonEmoticon