SHOLAT DHUHA BAGIAN 2

Bagi pembaca yang sudah membaca ulasan pada bagian 1, sudahkah menjalankan dhuha hari ini? Jika sudah Alhamdulillah. Jika belum, maka segeralah kita memulainya sebagai tambahan amal sholih kita, penambal kekurangan sholat wajib kita, pembuka rizki kita amin.

Kemurahan Allah memang tiada banding. Bagi hambanya yang tidak mengenal Allah saja, dunia dimudahkan. Nah apalagi bagi hamba Allah yang taat, mustinya bisa lebih mudah. Jikalau kita mengalami atau melihat diri kita tidak kaya atau belum kaya, maka selayaknya kita teliti lagi ada apa nih?? Ya gak??

Akan tetapi jangan lantas hal ini untuk meneliti orang lain. Ini khusus untuk muhasabah dirikita aja. Gak ada gunanya kita mempelajari ilmu buat mengoreksi orang lain. Seringkali kita mah tertipu, sukanya memvonis orang, meneliti amalan orang lain padahal diri kita masih gak karu-karuan. 
 
Kali ini pembahasan melanjutkan pada bahasan yang kemarin nich. Jikalu kita menjalankan dhuha maka hendaknya kita perhatikan juga kualitas sholat kita, jangan cuman mengejar jumlah rokaat, lantas sholat kita tidak kita hayati. Hadirkan hati kita, karna dalam sholat itulah mi’raj kita. Pertemuan kita sama Allah. Masa menghadap sama Allah, Amburadul, bau keringet, sajadah ga pernah di cuci, mukena sudah 1 bulan belum juga di cuci. Udah gitu kilat khusus pula. Bah..... apa pula ini?? Masakan kaya gini kita nuntut sama Allah buat dilancarin rizki???

Nah mari sama sama belajar, kita perhatiin wudhu kita, Tanya sama para ulama gimana wudhu yang bener dari sekarang. Perhatiin pakean kita. Bener gak? pake mukenanya, jangan-jangan belum sempurna nutup aurotnya. Pakai pakean yang bersih lagi harum.gitu kan cakep. Udah gitu hadirkah hati kita mulai dari kita takbiratul ihram, nah kalau gitu ya setidaknya udah lumayan.

Saudara yang dirahmatin Allah, jangan lupa pula kalau udah gitu istiqomahin amalanya. Biasanya ini nich yang paling sulit. Baru ngejalanin dhuha 1 tahun, dirasa ga ada bedanya di duit. Berhenti dah dhuhanya, ini nich yang mutusin keberkahan. Padahal kita udah dikasih kesehatan, keselamatan, karna hanya bentuknya aja kagak duit kita kebanyakan gak merasa itu rizki dah. Padahal saudaraku, coba sekali-kali kalau lagi besuk ke rumah sakit, Tanya orang yang sakit, yang bener-bener lagi sakit, di jamin uang mereka ga pingin. Pinginya sehat. Coba gimana kita syukurin umur kita, kesehatan kita??? Ampun dah sering lupa, ya gak?? Insya Allah kalo dhuha kita iatiqomah, maksiyat kita stop. Insya Allah 1 bulan dah krasa bedanya. Bener beda.

Kalu udah di istiqomahin, kualitasnya di tingkatin , pasti akan ada bedanya. Nih saya katakan PASTI. Apa jaminanya?? Jaminanya karna itu janji Allah. Allah mah maha menepati janji beda sama kita. Kalau masih ada yang bilang kaga' ada bedanya lihat balik maksiyat kita gimana?? Jangan samapai kita dhuha tancep gas, maksiyat tancep gas. Ya repot kalao kayak gitu buat ngejar rahmat Allah. Mari tobat dulu, hentikan maksiyatnya, tingkatin amal sholehnya, cakep dah kalo gitu.

Kalo nich missal yang baca ada yang Tanya dalem hati, apa bener dosa ada efeknya buat hidup saya jawab PASTI ADA. Ini urusanya berat, berat banget dah. Ini pengalaman pribadi. Kalau ada yang anak muda yang baca nich tulisan, suka ama pacaran. Hati hati, bener hati hati. Kagak ada namanya pacaran islami. Namanya pacaran maksiyat itu baru bener. Inget tuch pacaran bikin hidup kita redup. Saya udah ngalamin yang kayak gitu. Bukan cuman denger cerita. Kalau ada yang lihat orang jago maksiyat tapi hidupnya sukses, masalahnya kita lihat dari luarnya doang, kaga lihat, keluarganya, kesehatanya, apalagi hari tuanya kelak.

Tetapi kembali lagi ke nasihat awal tadi kagak usah merhatiin orang lain melulu. Perhatiin diri kita. Mari kita melesat bersama kekasih Allah. Bersma orang yang paling mulia, paling dicintai Allah. Dengan menghidupkan sunah Rasulullah SAW. Nah salah satuya Dhuha ini.
Nanti kita lanjutin lagi tentang sunah lainya dan tentang dhuha selanjutnya. Juga tentang bener gak dosa bikin redup. Tapi lain kali. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat, hidayah dan kekuatan untuk kita semua. Sholawat dan salan semoga terlimpah kepada junjungan kita Nabi Muhamad SAW. Sebanyak butiran pasir yang pernah ada di alam semesta. Ya ArhamarRohimin, Ya ArhamarRohimin,Ya ArhamarRohiin. Farij ‘Alal Muslimin.

Jangan lupa, istiqomahin, tingkatin kualitasnya dari wudhu, pakean, ampe kekhusu’anya. Sampai jumpa ditulisan Dhuha 3.
Wassalamualaikum.


EmoticonEmoticon